Cara mencari identitas asli seseorang menggunakan NIK KTP untuk menghindari PENIPUAN

Posted by Cyberfrogteam on 4:19:00 AM

  Hey Frogz
siapa diantara kalian yang masih suka belanja online?
Pasti diantara frogerizta disini banyak yang suka belanja online baik via toko yang sudah tenar atau toko online yang baru terdengar gaungnya.

Demi menghindari penipuan saat pembelian, sebaiknya anda meminta SITUS, FANPAGE, atau Identitas dari penjual tersebut, namun apabila penjual tidak memiliki Situs resmi, fanpage resmi atau kalian sama sekali tidak mengenal lebih tentang toko online tersebut kecuali hanya 1 kontak saja, semisal anda hanya mengenal toko online tersebut dari Aplikasi BBM, kenapa harus BBM yang dikambing hitamkan? sebenarnya di aplikasi BBM ini cukup banyak kekurangan apabila dijadikan transaksi jual beli, kenapa?
berikut kekurangan aplikasi BBM
1. Bisa menarik pesan
hal ini sebenarnya sangat merugikan apabila kita tidak sempat mengcapture/screenshot chating kita dengan si penjual tadi apabila nanti masalahnya dibawa ke ranah hukum, karena bukti sudah terhapus.
2. Mudah Memblokir / Delete Contact
Hal ini juga yang paling menyedihkan, saat kita sudah jadi beli dan mentransfer sejumlah uang, tiba2 kita di Delete oleh pihak penjual tadi.
3. cukup dua saja kekurangannya :D hehehehehe

Jika si penjual tidak memiliki situs, fanpage, dan kontak yang lain, sebaiknya ANDA MEMINTA KTP dari si penjual tersebut apabila si penjual tersebut dirasa tidak meyakinkan dan barang dagangannya harganya tidak wajar alias dibawah harga pasar.

Biasanya online shop resmi dan terpercaya memiliki SITUS, FANPAGE FB, INSTAGRAM dan Nomor Whatsapp yang jelas (antara situs dan kontak biasanya tertaut alias kotaknya sama saja, tidak berubah-ubah).
Apa harus? iya gak harus juga sih, tapi YANG PASTI PENJUAL RESMI / BESAR akan memiliki media daring seperti diatas sebagai wadah informasi bagi calon pelanggannya.
kenapa harus Whatsapp? karena menurut saya pribadi aplikasi WhatsApp sangat banyak kelebihannya, salah satunya tidak bisa mencabut hasil chat, saat diblokirpun riwayat pesat tersebut masih ada, jadi semisal si penjual mau nipu kita bisa laporin ke pakpol dengan barang b

Jika anda ingin belanja online dan si Penjual memberikan foto KTP untuk meyakinkan anda, lalu cobalah cek NIK dari orang tersebut di situs https://data.kpu.go.id/ss8.php

Masukan NIK kemudian centang saya bukan robot kemudian KLIK CARI
maka akan muncul identitas dari NIK KTP yang dicari.

Kenapa harus di situs tersebut? kenapa tidak di DUKCAPIL? karena terkadang situs dukcapil tidak berfungsi maka saya saranin memakai data di KPU karena hasilnya akan sama saja.
Ketika si penjual memberikan KTP dan mengatas namakan orang tertentu namun saat kita Cek NIKnya ternyata nama dan alamat berbeda, maka sudah dipastikan penjual tersebut PENIPU.

Ingat, hanya sebagian saja penjual onlineshop di BBM atau yang lainnya yang tidak jujur, alangkah lebih baiknya sebagai konsumen sebaiknya selektif dalam membeli produk / jasa, cari informasi dulu tentang si penjual tersebut, browsing di internet mencari informasi tentang penjual tersebut.
Ingat anda hanya perlu meminta KTP apabila si penjual dirasa tidak masuk akal dalam penjualan, semisal si onlineshop tersebut menjual HP dengan harga yang seharusnya 8jt dijual dengan harga 2jt, naaah disini pasti ada yang tidak beres.
Namun apabila Onlineshop tersebut memiliki trackrecord yang cukup bagus didunia maya, juga memiliki Situs, fanpage dll yang jelas, tidak usah ragu, karena biasanya onlineshop tersebut terpercaya, tapi ingat lihat kewajaran harga yang mereka tawarkan.

So JIKA kalian BERMINAT MEMBELI AKUN INSTAGRAM SILAHKAN AJA KUNJUNGI AKUN INSTAGRAM KAMI DI @CFTSTORE


Sekian dulu dari kami, jika ada yang dirasa perlu ditanyakan jangan lupa KOMEN YAH.





Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube F

0 COMMENT:

Post a Comment

Advertiser