Sejarah nama-nama versi Android yang belum anda ketahui

Posted by Cyberfrogteam on 09:53:00




ANDROID
Adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008 (Sumber Wikipedia)

Sejak diambil alih Google pada tahun 2005, Android mulai beroperasi hampir diseluruh smartphone menyaingi dominasi Apple, RIM, dan Symbian. dan Kesemua versi yang di keluarkan menggunakan nama makanan dan tiap versi mengikuti urutan alfabet alfabet yang berurutan ..!!


1. Android 1.5 – Cupcake

Ini adalaha generasi pertama yang berhasil diluncurkan Google ke publik. Cupcake merupakan hasil penyempurnaan Android 1.0 yang tak pernah dirilis secara resmi. Android ini dilengkapi fitur Google Mail Service dan Voice Search. Kue mangkok berukuran kecil ini jadi tonggak awal, Android menyerbu dunia.

2. Android 1.6 - Donut

Donut, kakak Cupcake dirilis Mei 2009, mendapat fitur tambahan seperti merekam dan menonton video melalui kamera, mengunggah video ke YouTube, upload gambar dan fitur dukungan Bluetooth A2DP. Sejak versi ini, Android sudah mulai dikenal di publik.

3. Android 2.1 - Eclair

Kue berbentuk persegi panjang dengan topping cokelat di atasnya ini dirilis Desember 2009. OS ini telah mengoptimalkan segi perangkat keras, Google Maps 3.1.2, serta dukungan HTML5. Android Eclair adalah OS pertama yang mulai dipakai banyak smartphone, berkat mengubah struktur dan tampilan user interface.

4. Android 2.2 - Froyo

Frozen Yoghurt, cemilan fermentasi susu dingin ini dirilis pada 20 Mei 2012. Respon aplikasi Froyo jauh lebih cepat 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Ada juga fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome, serta pemasangan aplikasi dalam SD Card.

5. Android 2.3 - Gingerbeard

Kue jahe, yang bisa menghangatkan badan, dirilis bertepatan dengan datangnya musim dingin, 6 Desember 2010. Yang mencolok dari OS ini adanya peningkatan kemampuan permainan, peningkatan fungsi copy paste, dan format video VP8 dan WebM. User interface pun dikenai perombakan ulang, serta penambahan efek audio baru seperti reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost.

6. Android 3.0 - Honeycomb

Honeycomb, sereal jagung dengan rasa madu ini dirilis awal 2012. OS Android yang dibentuk khusus untuk perangkat Tablet PC. Prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration jauh lebih baik untuk mendukung kinerja Tablet PC.

7. Android 4.0 - Ice Cream Sandwich

Ice cream vanilla di antara dua biskuit cokelat, adalah generasi yang jauh berbeda ketimbang versi sebelumnya. Ketika dirilis Mei 2011, Google meyakini, OS ini dapat diaplikasikan di smartphone ataupun tablet.

8. Android 4.1 - Jelly Bean

Jelly kacang berbentuk permen ini dirilis pada Mei 2011 juga. Namun tentu jauh lebih baik ketimbang ICS, karena keyboard lebih cekatan, desain baru fitur pencarian, serta dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi akurat tentang cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.

9. Android 4.4 - KitKat

KitKat adalah OS Android terbaru yang dirilis September 2013. Cukup mengatakan “OK Google” atau “OK Google Now”, pengguna bisa mengoperasikan ponsel lewat suara tanpa menyentuhnya. Lewat fitur ini pengguna dengan mudah melakukan panggilan telepon, mengoperasikan aplikasi Google, dan lain-lain. « (Sumber Yahoo.co.id)


0 COMMENT:

Post a Comment